Selasa, 30 November 2010

agusnoorfiles Maret 14, 2009 pukul 4:09 pm

mungkin aku ada sedikit saran, yang bisa dipakai untuk memulai “belajar” menulis. Pertama, untuk menjadi penulis yang bagus harus bisa menyusun bahasa atau kalimat yang bagus dulu. DUlu, saya memulai dari nasehat ini juga.
Saya, mula-mula menulis, tidak dengan harapan berhasil menuliskan satu cerpen. tetapi belajar dulu menyusun bahasa, dalam hal ini diskripsi. Nah, kamu bisa memulai, misalkan mendiskripsikan ruangan di mana kamu kerja. Atau kamar kamu. Atau rumah kamu. Kemudian bisa juga kamu belajar dulu mendiskripsikan orang-orang yang kamu anggap menarik: matanya, wajahnya, cara jalannya, atau sesuatu yang menarik dari orang itu. nah, itu akan membentuk kemampuanmu menyusun kalimat. atau kamu bisa menulsikan peristwa dalam satu harimu, lanaskap yg kamu lihat, gerimis, hujan, bunga dan sebagainya. Ini akan berguna akan kita menjadi lancar terlebih dulu menyusun kalimat, membangun metafora, gaya bahasa dan sebagainya.
Soalnya, bila belum-belum kita ngotot bisa menghasilkan satu kisah, alih-alih berhasil kadangkala malah frustasi. Cobalah ini dulu. Bila kamu sudah merasa lanacr dan mahir, mulailah menyusun satu plot cerita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar