Selasa, 30 November 2010

Syaikh Musthafa Ismail (Syaiknya para Qurra’)
oleh Kembang Anggrek pada 01 Desember 2010 jam 7:52



Syaikh Musthafa Ismail terlahir ke dunia yang penuh rahmat dan barakah ini pada tanggal 17 juni 1905 di muhafazhah bagian barat Mesir, tepatnya di desa Mayit Ghazal yang jaraknya 18 km dari kota Thanta (penduduk masjid Al Ahmadi). Dengan suaranya yang merdu nun indah mampu mengguncangkan pun menggetarkan dada para pendengarnya, dengan kelebihan yang dimilikinya itulah sehingga membuat kakeknya lebih menyayanginya ketimbang cucu-cucu yang lainnya.



Bentuk perhatian lebih yang diberikan sang kakek terhadap sang cucu terkasihnya tidak dengan cara memanjakannya, akan tetapi sang kakek terus menggemblengnya sejak Musthafa Ismail kecil berumur 6 tahun, dimasa kecilnya beliau terus dan terus dicekokin dengan pelajaran yang berbasic Al-qur’an. Adapun guru beliau yang lain adalah Syaikh Abdurrahman Abu Aini dan Syaikh Muhammad Abu Hasyisy yang mengajarkan kepada beliau ‘ulumul hadits dan tajwid. Semangat yang terdapat dalam jiwa Musthafa Ismail kecil sangat luar biasa, dimana anak-anak sebaya beliau kala itu terbuai dengan indahnya permainan, Musthafa Ismail kecil sudah mengumandangkan adzan di masjid, setelah mengumandangkan adzan beliau menyibukkan dirinya dengan melantunkan ayat-ayat suci Al-qur’an dengan suara merdunya, hingga membuat takjub para pendengarnya, lalu dari salah satu pendengarnya ada yang memberikan usulan kepada kakeknya untuk memasukkan beliau di Ma’had Al-ahmadi, akhirnya beliau pun tecatat sebagai Thalib Al-ma’had Al-ahmadi, ketika itu beliau berumur 16 tahun.



Selain dikaruniai oleh Allah SWT berupa suara yang indah, beliau juga sangat rendah hati dan tidak sombong, kala itu beliau sempat diwawancarai oleh salah satu koresponden yang tidak mahu disebutkan namanya, dalam wawancara tersebut beliau berkata “Pada waktu itu aku sudah tua. Perkara yang memotifasiku untuk masuk test (yang membuatnya layak masuk ke Ma’had Al-ahmadi) adalah keinginanku untuk memperdalam Al-qur’an”. Dan akhirnya betul-betul sukses, beliau resmi menjadi santri Ma’had Al-ahmadi pada tahun 1917 dan berhasil mendapatkan syahadah (ijazah) serta syahadah (guru) dari Al-azhar As-syarif, setelah itu beliau bertempat tinggal di Thanta sebelum berpindah ke Kairo. Beliau sangat bahagia dengan keberadaan Syaikh Muhammad Rif’at di Thanta, beliau mengekspresikan rasa sukanya terhadap Syaikh Muhammad Rif’at dengan cara selalu aktif mengikuti pengajian yang diadakan oleh Syaikh Muhammad Rif’at, hingga membuat Syaikh Muhammad Rif’at terkagum-kagum dengan keindahan suara yang dimilikinya juga tak lupa mendoakannya, dimana isi doa Syaikh Muhammad Rif’at kepada Syaikh Musthafa Ismail seperti ini “Semoga Allah memberkati kamu dan kamu akan menjadi berkah bagi semua manusia”. Allah SWT pun mengabulkannya. Kini nama beliau mengaung-ngaung di segala penjuru dunia lantaran suara indahnya melantunkan ayat-ayat suci Al-qur’an, sehingga mampu memberikan spirit ruhaniah kepada pendengarnya, ini menunjukkan betapa agungnya nilai Al-qur’an diturunkan ke bumi ini.



Raja Faruq sangat menyukai suara Syaikh Musthafa Ismail, sehingga sang raja sudi mengangkat beliau untuk menjadi Qari’ kerajaan ketika itu, sesekali raja Faruq mengundang beliau untuk datang ke istana kerajaan guna menyenandungkan deretan ayat Al-qur’an dengan suara emasnya. Presiden Mesir Gamal Abdul Naser pun tak segan-segan memberikan penghargaan kepada beliau berupa laqab (gelar/julukan) ‘Idul ‘Ilmi pada tahun 1965, dilain hari medali keutamaan dari presiden Husni Mubarrak pun melayang ke tangan sang Qari’ dunia Syaikh Musthafa Ismail.



Beliau tak hanya berdiam diri di qaryah Thanta, beliau menyempatkan diri untuk mengelilingi dunia selagi nyawa masih dikandung badan, Afrika, Turki dan Negara semenanjung arab beliau kelilingi guna menjalankan misi kitabullah. Pernah beliau berkunjung ke Palestina bersama presiden Anwar Sadat dan beliau juga yang di tunjuk sebagai imam masjid di sana, tepatnya masjid Al-aqsa serta membaca barisan kata dalam Al-quran Al-karim.



Beliau wafat pada tanggal 23 desember 1978 di kota Kairo memenuhi panggilan Tuhan sang pencipta semesta alam, kurang lebih 73 tahun beliau menjadi Qari’ dunia dengan suara yang Subhanallah indahnya, beliau juga mengajarkan kepada kita khususnya penulis tentang arti sebuah semangat untuk meraih segudang mimpi, mimpi sekecil batu kerikil itu bisa diraih dengan mudah kalau dalam diri kita tertanam kata SEMANGAT yang luar biasa, dengan adanya semangat itulah, maka sedikit demi sedikit keinginan untuk bisa itu akan tumbuh.



Dengan membaca kisah hidup Syaikhnya para Qurra’; Syaikh Musthafa Ismail, semoga Allah menjadikan kita sebagai manusia yang berjiwa Qur’ani, ikhlas, rendah hati juga tidak sombong seperti beliau, dan tak lupa semoga kita di berkahi olehnya; Allah SWT. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar